Usia Tua, Apakah Masih Perlu Belajar Agama?

Usia Tua, Apakah Masih Perlu Belajar Agama

Agama adalah jalan keselamatan di dunia dan akhirat, tapi kalau saya sudah cukup berumur, misal 50 tahun keatas, apakah masih perlu untuk belajar agama?, atau hanya cukup dengan memperbanyak amalan saja?. Pertanyaan seperti ini banyak di utarakan karena beberapa sebab.

Pertama, mereka beranggapan bahwa ilmu agama hanya untuk orang yang muda saja yang belum paham dengan hukum dan amaliyah ibadah.

Padahal kenyataannya, pemahaman agama tidak mengenal usia, siapa yang mau belajar maka pemahaman akan agama akan lebih kokoh dan mantap.

Kedua, mereka beranggapan menuntut ilmu agama tidak berpahala, ini hanyalah untuk mengetahui hukum hukum islam saja.

Padahal pahala menuntut ilmu agama adalah sangat besar, bahkan Nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wassalam menjanjikan kemudahan jalan menuju surga, dan tentu ini bukan hanya untuk usia muda saja, tapi mencakup juga untuk usia senja.

Ketiga, mereka malu untuk menuntut ilmu agama karena malu sudah berusia tua, dan percayalah ini hanya bisikan syetan agar kita tidak menuntut ilmu.

Keempat, mereka merasa sudah pintar dan paham dengan ilmu agama, sehingga yang di butuhkan sekarang adalah mengamalkannya saja, padahal masih sangat banyak ilmu agama yang harus di pelajari oleh seorang muslim.

Alasan Tidak Tepat Untuk Menuntut Ilmu

Alasan yang di kemukakan di atas sebenarnya tidak tepat dan menyesatkan, tidak lain semua itu hanya bisikan syetan agar kita di jauhkan dari pemahaman agama yang benar.

Perlu di ketahui belajar agama adalah kewajiban yang di bebankan kepada setiap muslim, baik dia muda ataupun sudah tua. Jadi jawaban atas pertanyaan masihkah kita harus menuntut ilmu, padahal usia sudah sepuh, jawabannya adalah masih.

Dari Mana Mulai Belajarnya?

Pertama kuncinya adalah jujur pada diri sendiri, ketahui apa yang belum saya ketahui dari ilmu agam islam ini, apakah kita sudah memahami apa itu aqidah, tauhid, syarat kalimat tauhid Laa Ilaha Ilallaah dan apakah ibadah yang kita lakukan selama ini sudah benar sesuai dengan tuntunan Nabi.

Jika kita sudah jujur melihat apa saja yang belum di pahami dari agama islam ini maka mulailah dari sana, dan berdasarkan urutan yang penting untuk dikethui oleh seorang muslim adalah.

Aqidah yang di dalamnya termasuk Kalimat Tuhid Laa Ilaha Ilallah, pahami maknanya, syarat-syaratnya dan pembatal-pembatalnya.

Ibadah yang wajib, pelajari bagaimana ibadah wajib kita, apakah sudah benar atau masih kurang tepat, dimulai dari cara wudhu, sholat dan membaca Al’quran.

Dimana Belajarnya?

Paling afdhol dan tepat adalah mendatangi majelis taklim atau pengajian secara langsung, karena dengan begitu kita bisa langsung bertanya jika ada hal yang tidak kita pahami.

Tapi masalahnya mereka kebanyakan malu untuk mendatangi pengajian karena minder dengan usia yang sudah tua.

Belajar Agama Online

Untuk mengatasi masalah ini paling tepat adalah dengan belajar secara online, karena zaman sekarang sudah mahfum media informasi yang semakin maju dan ini memudahkan kita untuk belajar agama secara online.

Banyak pilihan untuk belajar secara online, baik dengan menonton ceramah agama ataupun membaca artikel pada website.

Website Islmai

Beberapa website islami yang bisa kita ambil ilmunya adalah penaungu.com, almanhaj.or.id dan firanda.com, website ini menyajikan ilmu yang berlandaskan Al’quran dan sunnah sehingga insya ALLAH dapat di pertanggung jawabkan.

Tidak hanya berlandaskan AL’quran dan sunah saja tapi website tersebut juga menafsirkan sesuai dengan para salafus sholeh terdahulu. Yang tidak kalah pentingnya kita bisa bertanya pada kolom komentar untuk hal yang tidak kita pahami.

Yang pada intinya menuntut ilmu agama itu wajib dan bisa dilakukan dimana saja,mudah-mudahan kita dimudahkan oleh ALLAH Subhana Huwataala untuk menuntut ilmu sampai ajal menjemput. Wallahu’Alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *