5 Tempat Berburu Souvenir Unik di Semarang

Masih betah extend di kota Semarang, kan? Jangan lupa mampir ke tempat asyik berburu souvenir cantik di Semarang juga, ya. Jalan-jalan ke sebuah kota atau ke sebuah destinasi wisata memang tak lengkap rasanya kalau tidak membeli oleh-oleh.

Biasanya yang paling dicari adalah souvenir yang menggambarkan ke-khas-an atau sesuatu yang identik dengan daerah tersebut.

Hampir semua daerah pasti memiliki souvenir atau oleh-oleh khas. Demikian juga dengan kota Semarang.

Ada banyak tempat-tempat belanja souvenir cantik khas Semarang loh, tapi saya pilihkan 5 saja diantaranya, ya. Kamu bisa datangi tempat asyik ini untuk berburu souvenir cantik yang kamu inginkan.

Kampung Semarang


Kampung Semarang berlokasi di Jalan Raya Kaligawe No 46 KM 1 Semarang, tidak jauh dari kawasan kota lama Semarang.

Berdiri di atas lahan seluas 4000 meter persegi, Kampung Semarang merupakan salah satu pusat oleh-oleh yang menjadi pilihan para wisatawan untuk berbelanja.

Dengan konsep one stop leisure, Kampung Semarang menghadirkan oleh-oleh khas Semarang, aneka hasil kerajinan, hingga kuliner khas kota Semarang. Jadi, kamu bisa mendapatkan semuanya di satu tempat.

Diresmikan sejak Mei 2012, Kampung Semarang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti: Pusat souvenir, Gallery batik, WeBe Fashion Bags Semarang, Pusat oleh-oleh, Resto & cafe, Gallery kids, Homeware, Pusat oleh-oleh serta makanan khas Semarang, Tourism information, Meeting room dan Play ground.

Kampung Semarang ini cocok bagi kamu yang hanya memiliki waktu terbatas tetapi ingin membeli souvenir dengan banyak pilihan.

Gedung Dekranasda Semarang

Dekranasda yang merupakan kependekan dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah. Berada di gedung Pramuka, Dekranasda diremikan pada bulan Oktober 2012 oleh Bibit Waluyo, Gubernur Jawa Tengah saat itu.

Letak gedung ini tak jauh dari Simpang Lima, loh. Jadi kalian bisa ke Dekranasda tanpa harus melipir jauh dari pusat kota. Kamu bisa menyusuri lantai 1 hingga lantai 3 gedung Pramuka dimana Dekranasda berada.

Kamu bisa menemukan produk-produk unggulan Jawa Tengah, seperti batik, tenun, bordir, busana muslim, kaos, tas, sepatu, sandal dan aksesoris dengan harga terjangkau di lantai 1 gedung.

Sedangkan di lantai 2 kamu bisa berwisata kuliner dengan menikmati makanan yang tersedia di food court. Aneka handycraft, berbagai produk kerajinan serta furniture yang berasal dari seluruh pelosok Jawa Tengah bisa kamu temukan di lantai 3.

Sudah menemukan souvenir cantik pilihan kamu?

UMKM Center Semarang

Gedung UMKM Center ini berlokasi di jalan Setiabudi, Banyumanik. Kalau kamu ingin ke sana, kamu harus ke Semarang atas ya.

Gedung UKM Center ini diresmikan oleh Ganjar Pranowo pada bulan Desember 2014 lalu. Namanya aja UKM Center, tentu saja isinya adalah berbagai produk dari home industri seluruh Jawa Tengah.

Kamu bisa menemukan berbagai produk home industri, mulai dari batik, sandal, sepatu, aneka souvenir hingga makanan ada di sini. Jadi, setelah kamu puas belanja-belanja souvenir, kamu juga bisa sekalian kulineran deh di sini.

Klub Merby

Sebenarnya Klub Merby adalah salah satu tempat yang lebih sering digunakan sebagai destinasi wisata edukasi. Klub Merby didirikan oleh drg. Grace Wijaya Susanto pada tahun 2004.

Selain bisa belanja pernak-pernik Souvenir cantik khas Semarang, kamu juga bisa sekalian belajar loh.

Mau belajar membatik, menggambar, belajar aksara Jawa, gambang Semarang atau tari Semarangan? Bisa. Jadi, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Sambil belanja souvenir, bisa sambil belajar juga. Asik, kan.

Pasar Johar

Siapa sih yang nggak tahu Pasar Johar? Pastinya semua tahu dong, Pasar Johar adalah salah satu pasar terbesar di Jawa Tengah.

Bahkan pada tahun 1930 an, Pasar Johar merupakan pasar terbesar dan termodern di kawasan Asia Tenggara. Bahkan konon Pasar Johar menjadi pusat perdagangan dan memiliki peran penting dalam perkembangan kota Semarang.

Berbagai jenis komoditi dijual di Pasar Johar. Dari makanan, pakaian, hingga pernak-pernik souvenir juga dijual di sini.

Sayangnya beberapa tahun lalu, Pasar Johar mengalami kebakaran hingga beberapa kali. Akibatnya banyak para pedagang yang direlokasi ke tempat lain sambil menunggu perbaikan Psar Johar.

Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa menemukan para pedagang yang menjual berbagai pernak-pernik souvenir cantik, kok. Asalkan kamu mau sabar berkeliling ya.

Nah, itu dia 5 tempat asyik berburu souvenir cantik yang bisa kamu datangi. Kalian bisa mendapatkan oleh-oleh souvenir cantik dengan harga menarik, loh. Jangan lupa, beliin souvenir untuk saya juga, ya.

Sumber: Hello Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *