Renungan Tentang Keragaman Bagian 3

Kemandirian yang pelan-pelan hilang, terkikis oleh pemaksaan, membuat keragaman tersisih. Semua ini akan berdampak pada kesiapan kita menjadi satu bangsa yang besar. “Saya yakin, di sekolahsekolah dimana keragaman mulai tersisih, maka jumlah dari anak-anak yang berbeda itu akan semakin sedikit. Mereka tidak akan merasa nyaman di situ, dan kalau anakanak sudah merasa tidak nyaman, harusnya sudah ada alarm, kenapa ya, kok jumlahnya mulai berkurang?

Enggak bisa kita dengan ketawaketawa mengatakan, ‘Iya soalnya yang minoritas, tuh, punya uang untuk ambil sekolah swasta.’ Itu adalah pembenaran yang luar biasa kejinya untuk langsung mengatakan itu sebagai soal ekonomi. Enggak. Pilihan-pilihan itu yang dihapuskan dari tangan mereka, pilihan untuk mandiri…itu yang rasanya perlu kita angkat.”

Tip Menyemai Keragaman di Sekolah

? Buatlah “Buka Harian Keragaman di Kelasku” dari kertas ukuran besar. Siapa pun boleh mengisi atau menggambari buku itu berdasarkan kegiatan dan keinginan saat itu, apa pun itu.

? Guru bisa melihat, siapa yang jarang atau tidak pernah mengisi buku harian kelas. Dari situ, guru bisa tahu siapa saja yang merasa tidak punya peran dan yang tersisihkan. Terhadap anak-anak yang merasa tersisih, guru harus bisa memberi peran, bahwa mereka bisa menjadi sumber belajar. Dengan kata lain guru mengatakan kepada murid-muridnya di kelas, “Temanmu ini punya sesuatu yang berharga. Jadi temanilah dia.”

? Mintalah para murid untuk menjawab, “Menurutku keragaman adalah…” Jangan dikira anak-anak kita tidak bisa berpikir dengan dalam. Mereka bisa, dengan kejujurannya. Apa pun jawaban mereka, yang penting galilah setelahnya: mengapa mereka menjawab seperti itu.

? Tanpa membawa “bendera” apa pun, guru harus mampu melihat potensi yang ada pada semua murid. Berikan kesempatan kepada anak didik untuk berperan, untuk memperbaiki lingkungannya.

? Bentuklah kepanitiaan bersama untuk merayakan hari besar agama-agama di Indonesia. Misalnya, Waisak, Idul Fitri, Nyepi, Natal, dan Imlek. Semua itu dilakukan dalam pemahaman bersama.

Untuk mendidik anak agar mengenal keberagaman tentunya orangtua memiliki peran penting dalam hal ini. situs parenting dan pendidikan anak bisa memberikan informasi tambahan kepada orangtua dalam mendidik anaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *