Oleh-oleh dari Yogyakarta Yang Populer

Saat mengunjungi Yogyakarta kurang lengkap rasanya jika tidak membawakan oleh-oleh untuk orang di rumah atau rekan kerja di kantor. Walau oleh-oleh bukan hal yang wajib dilakukan, kegiatan ini seolah-olah menjadi bagian yang tidak terpisahan saat berwisata di suatu tempat khususnya bagi masyarakat Indonesia. Sebagai destinasi wisata populer yang ada di Pulau Jawa bahkan di Indonesia, kawasan ini memiliki berbagai macam produk atau barang yang biasa dibeli sebagai oleh-oleh berupa souvenir, kaos maupun makanan. Apa saja oleh-oleh yang biasa di beli oleh para wisatawan saat berkunkung ke Jogja? Berikut penjelasan singkatnya dari kami:

  1. Bakpia

Oleh-oleh populer yang pertama adalah bakpia. Cemilan khas Jogja ini merupakan makanan yang telah menjadi ikon bagi Jogja. Makanan ini menjadi buruan para wisatawan sehingga setiap hari toko-toko yang memproduksi bakpia ramai oleh kehadiran para pembeli. Di Jogja terdapat berbagai macam produk bakpia mulai dari Bakpia 25, Bakpia 75, Bakpia Kurniasari, dan masih banyak produk-produk bakpia lainnya. Rasanya yang khas dan bisa tahan lama membuat wisatawan menyukai bakpia sebagai oleh-oleh untuk di bawa pulang.

  1. Gudeg

Selain bakpia, makanan yang biasa menjadi oleh-oleh para wisatawan adalah Gudeg.  Makanan khas Jogja yang terbuat dari buah nangka muda ini bisa dijumpai di hampir seluruh penjuru kota. Selain itu pengunjung bisa menikmatinya sepanjang hari dari pagi hingga malam karena banyak pedagang yang menjajakan makanan ini. Karena kelezatannya banyak wisatawan yang membeli dan menjadikannya sebagai oleh-oleh. Gudeg sendiri terdiri dari dua jenis yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Gudeg kering lebih direkomendasikan untuk dibawa sebagai oleh-oleh karenagudeg ini lebih tahan lama basinya. Dan agar mempermudah wisatawan membawanya terdapat pula gudeng kering yang telah dimasukkan ke dalam kaleng sehingga memudahkan mereka membawanya.

  1. Kaos Khas Jogja

Oleh-oleh selanjutnya yang menjadi buruan para wisatawan adalah kaos khas Jogja. Banyak sekali kaos khas Jogja yang ditawarkan kepada para wisatawan. Produk kaos yang terkenal adalah Kaos Dagadu Terdapat pula merk-merk kaos lainnya seperti Jogja T-shirt dan masih banyak lainnya. Kaos-kaos ini harganya bervariasi mulai dari yang murah hingga yang mahal. Bagi yang ingin membeli sebagai oleh-oleh bisa membeli kaos berharga murah yang di jual di toko-toko kaos atau membelinya di sekitar Jl. Malioboro. Kaos dengan desain khas Jogja tentu akan menjadi oleh-oleh yang pas bagi orang di rumah.

Demikan penjelasan mengenai oleh-oleh yang populer di Yogyakarta. Masih banyak lagi oleh-oleh populer lainnya dan kami akan membahasnya di artikel berikutnya. Semoga tulisan ini dapat menjadi tambahan informasi dan juga referensi bagi para wisatawan yang datang untuk menikmati paket wisata khas Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *