Menikmati Keindahan Candi Sojiwan, Candi Kecil Di Perbatasan Jogja dan Jateng

Kawasan Prambanan yang merupakan perbatasan Provinsi D.I Yogyakarta dan Jawa Tengah kaya akan peninggalan purbakala berupa candi. Candi-candi yang ada di kawasan ini cukup banyak mulai dari Candi besar seperti Candi Prambanan, Candi Sewu, Istana Ratu Boko, dan lainnya. Terdapat candi-candi kecil juga di kawasan ini antara lain Candi Bubrah, Candi Banyunibo, dan juga Candi Sojiwan.

Candi Sojiwan merupakan candi kecil dengan corak Buddha. Bangunan ini diperkirakan dibangun pada abad ke 9 seumur dengan Candi Kalasan. Candi Sojiwan mengunakan arsitektur Jawa klasik pada abad ke 9 yang terdiri dari tiga bagian yaitu kaki atau dasar, tubuh candi, dan atap candi. Komplek candi ini seluas 8.140 meter persegi dengan bangunan utama berukuran 401,3 meter persegi dengan tinggi 27 meter. Ciri khas dari candi ini adalah terdapat 20 relief di kaki candi yang mengkisahkan tentang Pancatatra atau Jataka dari India.

Candi ini memang tidak sepopuler candi lainnya namun tetap banyak wisatawan yang datang ke candi ini untuk menikmati keindahan dari candi ini. Biasanya saat sore hari banyak wisatawan dari Jogja dan sekitarnya yang seinggah ke Candi Sojiwan. Lokasinya yang dekat dengan candi lainnya membuat wisatawan menyukai bertualang di kawasan ini.

Lokasi Candi Sojiwan:

Candi Sojiwan berada di l. Banjarsari, Kb. Dalem Kidul, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Lokasinya berada di dekat Komplek Candi Prambanan mana mudah bagi wisatawan untuk menjangkaunya mengunakan kendaraan umum. Bagi mereka yang ingin berwisata ke candi ini dapat mengunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil agar lebih mudah. Bagi wisatawan yang menyukai wisata sejarah dan purbakala bisa menjadikannya sebagai pilihan untuk paket tour candi Jogja dan jika datang dalam jumlah besar bisa rental bus wisata di Jogja.

Tiket dan Jam Buka Candi Sojiwan:

Candi Sojiwan buka setiap hari dan dibuka mulai pukul 06:00 – 17:00 WIB. Tiket masuk candi ini Rp. 5.000,- per orang yang mana sangat murah.

Tips Wisata Candi Sojiwan:

  1. Gunakan pakaian yang enak dipakai untuk kegiatan di tempat terbuka.
  2. Pakailah alas kaki yang nyaman untuk berjalan untuk berkeliling candi.
  3. Jangan lupa memotret setiap momen spesial di tempat ini.
  4. Jangan merusak batu di candi.
  5. Jagalah kebersihan kawasan candi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *