Ketahui Prinsip Dasar dan Manfaat Ekonomi Syariah

Semua kegiatan ekonomi yang dilakukan sesuai dengan syariat agama Islam disebut dengan ekonomi syariah. Dalam ekonomi syariah ini, landasan hukumnya ialah al-Qur’an dan sunnah Rasulullah. Dengan begitu, ekonomi syariah bertujuan untuk menggapai kebahagiaan tak hanya di dunia saja, akan tetapi juga akhirat. Bagi anda yang sudah mulai penasaran dan ingin lebih mengenalnya, ada baiknya anda simak prinsip dan manfaat ekonomi syariah yang kami bagikan berikut.

Prinsip Ekonomi Syariah

Ekonomi syariah menjalankan prinsip-prinsip yang tidak melanggar hukum Islam. Dimana berbagai sumber daya dalam ekonomi syariah dipandang sebagai titipan atau pemberian dari Allah SWT. Selain itu, Islam juga mengakui pemilikan pribadi dengan batas-batas tertentu. Pada ekonomi syariah ini sendiri, kekuatan penggerak utamanya ialah kerja sama. Dalam ekonomi syariah juga tak mengenal riba karena Islam melarangnya.

Tak hanya itu, prinsip ekonomi syariah lainnya ialah penolakan terhadap akumulasi kekayaan oleh beberapa orang saja, jaminan pemilikan masyarakat dan pemakaiannya direncanakan guna kepentingan banyak orang, kewajiban bayar zakat apabila sudah memenuhi nisab, tiap muslim harus takut pada Allah SWT dan hari penentuan kelak di akhirat.

Manfaat Ekonomi Syariah

Selain mengetahui prinsipnya, pastikan anda juga menyimak apa saja manfaat yang diperoleh dari ekonomi syariah. Adapun salah satu manfaat dalam ekonomi syariah ialah bernilai ibadah. Hal ini dikarenakan ekonomi syariah diterapkan berdasarkan syariat Islam sehingga tetap menjaga ajarannya secara baik. Melalui bank ataupun lembaga keuangan syariah, ekonomi syariah juga terbukti mampu mendukung kemajuan lembaga umat Islam di bidang ekonomi.

Disamping itu, manfaat ekonomi syariah lainnya ialah terjaganya harta. Hal ini dikarenakan harta yang anda miliki bisa terkelola secara baik. Secara langsung, anda bisa merasakan keberkahan dalam membelanjakan harta tersebut. Saat harta yang berkah tersebut anda nafkahkan kepada keluarga, maka juga akan berdampak baik terhadap keturunan anda. Tak hanya itu, ekonomi syariah juga bisa menjaga akal agar tetap sehat. Pasalnya, ekonomi syariah memungkinkan anda untuk konsisten dalam mematuhi logika transaksi yang wajar. Salah satu bentuk sederhana penerapan ekonomi syariah adalah pinjaman syariah. Selain itu, sebenarnya masih banyak manfaat yang bisa anda rasakan dalam ekonomi syariah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *