Kiat Sukses Berbisnis Online Bagi Yang Baru Memulai

Sekarang untuk memulai suatu bisnis tidaklah memerlukan modal besar, cukup dengan kuota internet maka seseorang sudah bisa memulai bisnis online. Dalam bisnis online hal yang paling sering dilakukan adalah menawarkan barang dan jasa. Tidak peduli apapun bisnisnya, disini akan dijelaskan kiat sukses berbisnis online.

1. Mantapkan Niat

Bisnis online, atau bisnis konvensional keduanya harus didasari dengan niat yang kuat. Seorang calon pebisnis harus serius dengan tujuannya. Sehingga tidak mudah goyah saat di tengah jalan menghadapi sebuah rintangan.

2. Riset Pasar

Sebelum mengetahui barang atau jasa apa yang hendak ditawarkan ada baiknya bagi seorang pebisnis pemula untuk melakukan riset pasar. Barang atau jasa apa yang paling banyak di cari oleh konsumen melalui online. Contoh jika barang, maka pasar yang paling potensial adalah baju. Bila jasa, maka pasar sekarang sedang ramai dengan jasa penulis artikel untuk konten online.

3. Menentukan Jenis Barang atau Jasa

Setelah melakukan riset pasar seorang pebisnis setidaknya sudah mulai mengetahui barang atau jasa apa yang ingin ditawarkannya. Sebelum memulai bisnis, tentukan dulu salah satunya agar bisnis bisa fokus, dan tidak menyasar kemana-mana.

4. Mulai Menawarkan

Sekarang saatnya untuk terjun ke dunia bisnis online. Pebisnis harus mulai menawarkan produknya secara online. Namun bagaimana caranya? Tenang saja hal ini mudah. Mulailah dengan membuat sosial media seperti facebook, instagram, twitter, linkedn, dll untuk menawarkan produk. Namun bisa juga dengan menggunakan sosial media yang sudah ada.

5. Memaksimalkan Penggunaan Sosial Media

Tahap ini merupakan tahap terpenting. Saat pebisnis sudah mulai mempunyai sosial media untuk bisnisnya maka gunakan semaksimal mungkin. Seperti di twitter dan instagram pebisnis dapat menggunakan hashtag untuk menawarkan produknya. Rajin-rajinlah mengecek hashtag apa yang sedang tranding dan relevan dengan produknya. Bila di Whatsapp, tidak usah ragu untuk menggunakan fitur broadcast dan status yang bisa dilihat banyak orang.

Tidak ada hal yang sulit dalam berbisnis online, terkadang ketakutan seseorang lah yang mempersulit dirinya. Beberapa kiat sukses berbisnis online diatas sangat sederhana namun dipastikan berhasil dan bisa dicoba oleh berbagai kalangan pebisnis pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *