Jaringan Pengangkut Pada Tumbuhan Pembahasan Lengkap

Jaringan pengangkut bertanggung jawab dan mempunyai tugas penting untuk mengangkut zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Jaringan ini merupakan salah satu jenis dari Jaringan Tumbuhan. Ada dua jenis jaringan ini, yaitu xilem (pembuluh kayu) dan floem (pembuluh kulit kayu / lapis). Keduanya adalah jaringan dewasa yang kompleks yang saling berdampingan dan bersama-sama membentuk sistem pengankutan untuk tumbuhan.

jaringan pengangkut

Xilem

Xilem bertanggung jawab untuk mengangkut air dan garam mineral terlarut dari akar ke semua bagian tubuh tumbuhan. Jalannya berada di arah yang sama. Xylem adalah jaringan yang kompleks karena terdiri dari beberapa jenis sel yang berbeda. Masing-masing sel ini disebut elemen xilem atau unsur xilem. Unsur-unsur ini meliputi: trakheid unsur, pembuluh dan parenkim xilem.

Tracheid berbentuk seperti serat yang meruncing di kedua ujungnya dan bagian tengahnya berlubang. Ini mirip dengan pipa yang ujung keduanya runcing.

Air mineral dan garam diangkut melalui dua titik di sepanjang jaringan pengangkut melalui noktah. Di sisi lain, unsur pembuluh memiliki perforasi pada ujungnya yang continue dengan unsur yang lainnya.

Floem

Floem (dalam bahasa Inggris = Phloem) bertindak sebagai pemasok fotosintesis dari bagian hijau tumbuhan, terutama daun ke semua bagian tubuh tumbuhan. Floem juga merupakan jaringan kompleks yang dihasilkan dari kombinasi berbagai jenis sel. Di antara jenis sel adalah unsur tabung tapis, sel pengiring, floem parenkim, dan serat floem. Ujung dinding elemen tapis ini, disebut sebagai lempeng tapis, memiliki lubang yang menghubungkan sitoplasma dari satu elemen tabung tapis ke elemen tabung tapis yang lainnya.

Jenis Jaringan Pengangkut

Pada tumbuhan ada berbagai jenis jaringan pembuluh. Pada batang tumbuhan dikotil, jaringan pembuluh membentuk lingkaran antara korteks dan medula. Lingkaran biasanya dipisahkan oleh parenkim intervasional. Pada batang tumbuhan monokotil, jaringan pengangkut tersebar dan berbeda pada jaringan akar dan batang. Pada akar, xilem bergantian dengan floem, sedangkan floem pada batang berada di luar xylem.

Jenis jaringan pembuluh berdasarkan posisi floem ke xilem:

  • Radial, xilem, dan floem posisinya bergantian.
  • Berkas kolatoral, ketika floem dan xylem hidup berdampingan. Ada dua jenis, kolateral terbuka dan tertutup.
  • Berkas bikolateral, xilem terperangkap di floem bagian luar dan floem bagian dalam.
  • Berkas konsentris, berkas pengangkut melingkar. Ada 2 jenis konsentris amfivasal ketika xilem mengelilingi floem. Konsentris amfikibral ketika xilem dikelilingi oleh floem

Sumber Referensi : https://rumus.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *