Penjelasan Lengkap Tentang Fibrilasi Ventrikel

Fibrilasi Ventrikel – Tahukah anda apa itu Fibrilasi Ventrikel ? Mungkin agak sedikit asing di telinga anda. Namun hal ini berhubungan dengan penyakit jantung. Fibrilasi Ventrikel adalah gangguan yang terjadi pada salah satu bilik jantng yaitu (Ventrikel) yang disebabkan oleh ketidak normalan aliran kelistrikan jantung.

pengertian fibrilasi ventrikel

Seharusnya jantung berdetak (berdenyut) memompa darah, namun ketika terjadi Fibrilasi Ventrikel jantung hanya bergetar sehingga tidak dapat memompa darah. Apabila hal ini dibiarkan terlalu lama tentu saja sangat berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kematian karena pasokan oksigen dan nutrisi akan terhenti.

Nah, kapan terjadi hal ini dan seperti apa gejalanya ? Menurut para ahli, gejala yang mungkin ditimbulkan akibat dari kondisi ini yaitu pusing, mual, terasa nyeri di bagian dada serta debar jantung yang tidak normal. Gejala selanjutnya adalah kehilangan kesadaran.

Apabila anda mengalami gejala – gejala seperti diatas atau siapa saja yang mengalaminya, segeralah minta bantuan petugas medis secepatnya. Kemudian, mengapa Fibrilasi Ventrikel ini bisa terjadi ? Tentu saja terdapat penyebab dari setiap hal yang terjadi. Penyebab fibrilasi ventrikel diantaranya :

  • Heart Atack (serangan jantung)
  • Kelainan jantung
  • Over dosis penggunaan obat – obatan terlarang
  • Kecelakaan (tenggelam, sengatan listsrik, dll)

Penanganan Fibrilasi Ventrikel, atau tindakan penyelamatan pertama sangat penting dalam situasi seperti ini. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat terjadi fibrilasi ventrikel. Pertama lakukan CPR  yaitu memompa jantung dari bagian luar dengan menggunakan tekanan tangan dengan tujuan membantu jantung memompa darah sehingga otak tidak kehilangan suply oksigen.

Kemudian menggunakan alat kejut jantung atau defibrillator. Yaitu sebuah alat medis yang dapat memberikan stimulus berupa energi listrik yang dialirkan ke jantung sehingga jantung terkejut dan memulai detaknya secara normal. Di negara – negara maju alat Defibrillator ini menjadi satu alat emergency umum yang disediakan di banyak tempat – tempat yang sering dikunjungi orang.

Menurut sumber yang kami dapatkan, usia 40 tahun ke atas merupakan salah satu faktor resiko seseorang dapat mengalami hal ini. Oleh karena itu, perlu kita cegah secara dini dengan beberapa cara :

  • Sebisa mungkin untuk menerapkan pola makan yang sehat
  • Olahraga secara teratur
  • Tidak merokok
  • Kendalikan berat badan

Demikialah ulasan singkat tentang Fibrilasi Ventrikel yang bisa kami hadirkan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda yang membacanya, sekian dan selamat beraktifitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *