3 Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Mudah

Sekarang ini sudah mulai banyak orang yang meninggalkan perangkat komputer mereka dan kini mulai beralih ke laptop yang dinilai lebih praktis.

Walaupun demikian, laptop juga tidak lepas dari yang namanya permasalahan. Salah satunya yaitu laptop menjadi lambat setelah sekian lama dipakai.

Melalui artikel ini Saya akan memberi tahu Anda 5 cara mengatasi laptop lemot yang dapat Anda praktikkan sendiri dengan mudah.

5 Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara mengatasi laptop lemot yang akan Saya bahas ini pada umumnya akan sangat berguna untuk para pengguna OS Windows, seperti Windows 7, 8 dan 10.

Bahkan mungkin tanpa install ulang atau aplikasi tambahan sekalipun, Anda hanya tinggal mengikuti beberapa metode untuk memperbaiki laptop lemot yang akan Saya bahas selengkapnya di bawah ini.

1. Mengganti HDD dengan SSD

Bila ternyata permasalahan datangnya dari HDD, maka langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan melakukan proses defrag agar menyegarkan kembali performanya.

Jika cara ini ternyata masih kurang ampuh, Anda juga dapat mengganti ke HDD yang lebih baru ataupun beralih dengan menggunakan SSD yang memiliki performa jauh lebih cepat daripada HDD.

Karena performanya yang lebih kencang, tentunya akan bisa membuat proses booting menjadi lebih responsive dan cepat. Saung Ads.

Disarankan untuk yang menggunakan SSD hanya untuk memuat atau menampung data sistem operasi saja, karena ukurannya yang sekarang ini terbilang kecil dan harganya pun juga lumayan mahal dibandingkan HDD.

2. Upgrade Kapasitas RAM

Selain melakukan upgrade di HDD, Anda juga dapat melakukan penambahan kapasitas RAM pada laptop yang Anda punya.

Pada umumnya pabrikan laptop akan membekali laptop Anda dengan kapasitas RAM yang berkisar antara 2 sampai 4GB. Padahal untuk menjalankan software sekarang ini membutuhkan setidaknya RAM sekitar 8GB.

Di sini Anda dapat menambahkan RAM pada slot yang tersedia. Namun sebelumnya, pastikan juga tipe RAM (DIMM atau SODIMM), kapasitas, dan kecepatannnya ya teman!

3. Lakukan Perawatan Hardware Secara Rutin

Kebanyakan dari orang kadang melupakan hal penting yang satu ini. Ternyata supaya performa laptop bisa tetap cepat, Anda hanya perlu sesekali melakukan perawatan hardware. Setidaknya Anda wajib melakukan ini minimal setahun sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *