5 Buah-Buahan Yang Seharusnya Dihindari Bagi Penderita Diabetes

Buah Pantangan Diabetes – Diabetes adalah penyakit yang terjadi ketika glukosa darah terlalu tinggi di luar batas normal. Glukosa adalah sumber energi yang ditemukan dalam makanan atau minuman.

Berbagai macam masalah kesehatan akan muncul jika kadar glukosa dalam darah terlalu tinggi. Contohnya seperti penyakit diabetes. Agar gula darah tidak melebihi batas normal, hendaklah rajin berolahraga dan melakukan pola makan sehat.

Selain itu, penderita diabetes disarankan untuk melakukan diet sehat. Yaitu dengan sering mengkonsumsi buah-buahan, sayuran. Dan jangan lupa, jangan terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, contohnya seperti roti putih dan nasi.

Meskipun konsumsi buah-buahan sangat dianjurkan bagi penderita diabetes, namun tidak semua buah aman untuk dimakan. Karena beberapa buah mengandung cukup tinggi indeks glikemik.

pantangan diabetes buah

Indeks glikemik sendiri dapat menjadi pemicu lonjakan gula darah. Nah, buah apa saja yang harus dihindari karena memiliki karbo dan indeks glikemik yang tinggi? Berikut ulasannya:

1. Buah Pisang

Pisang adalah buah pertama yang harus dihindari penderita diabetes. Karena pisang mengandung karbohidrat tinggi, yakni 93% kalori. Kalori yang terkandung dalam pisang berupa karbohidrat dalam bentuk serat, pati dan juga gula.

Tingkat karbohidrat yang terkandung dalam satu pisang berukuran sedang, setara dengan karbohidrat dalam 2 buah yang lain. Wow, lebih baik menghindari makan buah pisang ya!

2. Buah Nanas

Buah yang memiliki kandungan indeks glikemik yang cukup tinggi selanjutnya adalah nanas. Terlebih lagi untuk nanas yang sudah matang, kandungan indeks glikemiksnya akan lebih tinggi dibanding dengan nanas yang belum matang.

Bahkan, nanas yang sudah matang mempunyai indeks glikemiks lebih tinggi dibanding dengan buah pisang, yakni 59, sedangkan pisang 51.

3. Buah Mangga

Mangga juga menjadi buah yang harus dihindari bagi penderita diabetes. Kandungan fruktosa dalam buah mangga 30 gram karbo, jadi lumayan tinggi lho. Selain itu juga mengandung 25 gram gula. Jadi akan mengganggu kontrol dalam gula darah.

4. Buah Anggur

1 porsi buah yang lain, biasanya mengandung 15 gram karbohidrat. Hal ini akan sama dengan jika Anda mengkonsumsi 15 buah anggur. Jadi jika ingin memakan buah anggur, jangan terlalu banyak ya.

5. Buah Kering

Buah-buahan memang sangat baik bagi kesehatan tubuh karena mengandung banyak serat, vitamin dan mineral. Namun jika buah tersebut dikeringkan, jumlah karbohidratnya akan meningkat 3 kali lebih banyak dibanding dengan buah matang segar. Jadi, alangkah baiknya menghindari buah kering dan memilih buah yang mengandung kadar glukosa rendah, supaya kadar gula darah lebih dapat terkontrol.

Selain menghindari buah yang sudha disebutkan diatas, ada baiknya Anda menjaga kadar gula agar tetap stabil. Salah satunya dengan mengkonsumsi minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun selain untuk kecantikan, juga digunakan sebagai kesehatan. Cukup konsumsi dengan cara mencampurkan ke dalam masakan secukupnya. Lakukan rutin ya, jangan cuma sekali. Dan yang terpenting, secukupnya saja.

Itulah 5 buah dengan kandungan ideks glikemiks dan karbohidratnya yang tinggi dan harus diwaspadai penderita penyakit diabates.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *