Apa Itu Rekening Koran, Serta Apa Fungsinya ?

New-tradition.org – Mungkin anda belum mengetahui apa itu rekening koran ? Rekening koran merupakan istilah yang di sering di ucapkan oleh perbankan. Dan memang ia nya di keluarkan oleh bank.

Apa itu rekening koran ?

Pada prinsipnya rekening koran terbagi 2 yaitu rekening koran tabungan dan rekening koran pinjaman. Yaitu cetakan dari bank yang melampirkan semua aktifitas transaksi pada sebuah rekening bank. Aktifitas transaksi yang di maksudkan di sini adalah menyangkut, uang yang keluar dan masuk ke rekening juga menginformasikan alamat pengirim dan dan dari mana uang tersebut.

Rekening koran juga, menginformasikan baik itu denda administrasi, bunga, dan yang paling detail lainnya. Sekilas rekening koran hampir sama dengan cetakan buku tabungan.

 

Fungsi rekening koran ?

Itulah mengapa ketika kita mengurus atau mengajukan pinjaman kredit, terkadang pegawai bank menyuruh kita melampirkan rekening koran 3 bulan atau 6 bulan terakhir dari rekening bank yang kita miliki. Tujuannya menreka ingin mendapatkan informasi transkasi keuangan yang terekam di rekening koran jika ternyata memang di rekening tersebut tersimpan.

Berikut beberapa fungsi dari rekening koran :

1 Untuk penyelidikan / audit

Rekening koran menjadi salah satu bahan penyelidikan atau audit yang paling penting untuk menelusuri aliran dana di saru rekening. Karena di istu ada dana masuk dan ke mana dana itu keluar.

2. Kelengkapan berkas pengajuan Visa

Sebagaimana kita ketahui bahwa mau keluar negeri kita membutuhkan visa. Mendapatkan visa memerlukan dokumen atau persyaratan berkas, mulai dari dentitas, sampai kepada kondisi keuangan salah satunya adalah pemberi visa meminta cetakan rekening koran 3 bulan terakhir.

3. Sebagai pembuktian

Misalnya : Print rekening koran menjadi bukti atas penyangkalan seseorang yang merasa tidak menerima uang transfer, padahal di rek. koran tersebut jelas jelas kita mentransfernya.

4. Mengikuti lelang

Ketika kita akan mengikuti lelang, salah satu syarat yang paling penting adalah buku tabungan agar mereka melihat jumlah dana yang kita miliki. Jika buku tabungan tidak ada, kita bisa meminta ke bank untuk di cetakkan.

 

Itulah beberapa fungsi rekening koran. Namun bagi kita, rekening koran di butuhkan ketika kita mengajukan kredit apalagi pinjaman tersebut adalah pinjaman 100 juta ke atas. Lalu pertanyaannya apakah semua bank bisa mencetak rekening koran ?ya semua bank. Dan hebatnya lagi, seperti bank BCA kita bisa print lewat online. Jadi tidak perlu repot ke kantor. Seperti yang di sampaiakan oleh pspdemocenter.org dalam artikel cara print rekening koran bca lewat online

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *