8 Tips Kesehatan Terbaik untuk Anak-Anak

Sebagai orang tua, masalah penting yang mungkin Anda miliki adalah mengembangkan dan menjaga kesehatan anak Anda. Memberi makan makanan bergizi kepada anak, pada interval yang tepat, merupakan tantangan yang dihadapi oleh sebagian besar orang tua.

Mulai dari makanan, olahraga, tidur, waktu keluarga, kunjungan dokter hingga mengikuti tata krama yang baik di sekolah, masih jauh. Setiap kegiatan kecil yang ditanamkan sejak awal akan membiasakan anak Anda untuk tumbuh menjadi makhluk yang sehat dan individu yang disiplin. Selain tentunya menggunakan tips dan jadwal imunisasi anak.

Anda harus memastikan kesehatan anak Anda setiap saat. Anda tidak dapat mengikuti mereka di mana-mana. Karenanya, penting untuk mengajari mereka kebiasaan sehat untuk diikuti seumur hidup.

Mengasuh anak tidak mudah dan membutuhkan kerja keras yang baik. Untuk membantu Anda dalam proses ini, inilah intip sekilas 8 tips kesehatan terbaik untuk anak-anak.

1. Makanan Alami dan Diet Seimbang

Makanan yang seimbang adalah diet yang paling direkomendasikan untuk setiap anak karena membantu meningkatkan kesehatan seseorang dan meningkatkan kekebalan tubuh. Anda harus menawarkan berbagai pilihan makanan untuk anak-anak sehingga mereka mengembangkan selera mereka.

8 Tips Kesehatan Terbaik untuk Anak-Anak

Anda tidak perlu memaksa mereka untuk makan tetapi bisa menawarkan mereka beberapa gigitan untuk memulai.

Juga, Anda harus menghindari memberi mereka makanan olahan, karena mereka dipenuhi dengan gula, natrium, kalori, dan lemak tidak sehat. Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk memasukkan makanan yang tercantum di bawah ini untuk anak-anak Anda:

  • Protein – Berkontribusi pada perkembangan otak yang sehat dan sistem kekebalan tubuh anak.
    Basil dan Mint – Membantu menangkal dingin, batuk, batu ginjal, gangguan gigi, dan banyak lagi.
    Susu Pasteurisasi – Berisi semua mineral dan protein yang diperlukan untuk anak-anak Anda.
    Buah dan sayuran segar
    Biji-bijian utuh
    Makanan kaya serat

2. Asupan Gula Minimal

Makanan dan minuman (termasuk minuman berenergi seperti Bournvita atau Horlicks) yang mengandung kadar gula tinggi harus dihindari. Ini dapat menyebabkan anak-anak mengembangkan gigi manis, menyebabkan penyakit seperti diabetes dan kerusakan gigi.

Ini juga menghasilkan tulang yang lemah karena penyerapan kalsium yang rendah, yang disebabkan oleh kelebihan gula dalam tubuh.

3. Hindari Menegakkan ‘Membersihkan Piring’

Sebagian besar dari kita tumbuh mengikuti aturan piring bersih, karena kami diperintahkan untuk tidak membuang makanan yang disajikan di piring seseorang. Tetapi pendekatan ini dapat menyebabkan makan berlebihan pada anak-anak.

Itu tidak memungkinkan anak-anak untuk memahami dan menanggapi perasaan penuh di tubuh mereka. Akibatnya, mereka tidak belajar ke mana harus membatasi diri dan berhenti makan.

Jadi, beri mereka banyak pilihan makanan dan biarkan mereka memilih apa yang mau mereka coba dan makan. Arahkan mereka untuk memutuskan kapasitas asupan mereka, dan mereka akan belajar makan dalam batas.

4. Makanan Penutup Sesekali

Sebaiknya sesekali memberikan permen kepada anak-anak. Jangan mengubah makanan penutup menjadi hadiah; selain itu mungkin menjadi alasan utama bagi anak-anak untuk mendapatkan makanan mereka.

Selain itu, Anda tidak boleh menggunakan makanan atau permen sebagai cara untuk menunjukkan kasih sayang Anda.

Ini dapat membuat mereka mengunyah setiap saat untuk mengatasi emosi dan stres. Sebaliknya, Anda harus menghujani mereka dengan pelukan dan pujian.

5. Makanan Yang Sering

Berfokuslah pada pemberian porsi kecil makanan kepada anak Anda secara berkala, daripada kebiasaan tradisional 3 kali sehari. 2 aspek penting utama dari kebiasaan ini, yang dapat menghindari kemungkinan penyakit di kemudian hari.

6. Bergeraklah

Biarkan anak-anak Anda terlibat dan aktif sepanjang waktu. Jangan biarkan mereka menjadi kentang sofa. Anda harus mengatur waktu TV dan komputer minimal untuk anak-anak Anda.

Menjauhkan mereka dari layar akan membantu mereka menggunakan waktu mereka dengan cara yang konstruktif. Memotivasi mereka untuk menghabiskan waktu bermain olahraga luar ruangan atau aktivitas fisik lainnya.

7. Cukup Tidur

Mendapatkan jumlah tidur yang tepat juga penting karena sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat pada anak-anak. Dianjurkan untuk membiasakan anak-anak Anda tidur lebih awal dan bangun pagi.

Ini akan membantu menciptakan rutin bagi mereka, yang akan dapat mereka ikuti di kemudian hari.

8. Mencegah Pilek dan Flu

Mencuci tangan adalah salah satu kiat kesehatan penting yang harus diikuti anak-anak di rumah dan sekolah, yang dapat membantu mencegah kemungkinan penyebaran penyakit di kalangan anak-anak.

Anak-anak perlu diajarkan untuk mencuci tangan dengan benar sebelum dan sesudah makan, dan setelah menggunakan kamar mandi. Anda bisa mengajari mereka menggunakan tisu anti bakteri. Mereka juga perlu diajari untuk tidak membagikan cangkir dan peralatan mereka dengan teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *